Skip to main content

Part I-Tugas Akhir



Ms.Word, 22 Juni 2012 8:13

Akhirnya Ms.word ini saya pake buat nulis blog. Bukan lagi nulis tugas akhir yang huaaah gilee banget deh prosesnya! By the way congrats me, guys. Akhirnya tugas akhir saya bereees juga. Rasanya beban satu milyar kilo di pundak saya udah ilang. Mihihihi berlebihan :p
Dari awal pengerjaan tugas akhir saya udah niat kalau udah beres pengen ceritain semua proses nya di blog. Akhirnyaaaa hari itu dateng juga. :’)

Tugas Akhir, gimana ngerjainnya?
Masuk semester 7, ada pelajaran namanya metodologi penelitian. Yang ngajar Pak I*yeh. Beliau ngajarin tentang metode penelitian yang bakal kita pake buat nyusun tugas akhir nanti. Tapi da gimana yah waktu itu teh males dan ngantuk pisan, jadi banyak gak merhatiinnya, sering izin ke WC dan gak balik lagi. Malah makan risol di P2T ketemuan ama yang mabal kloter pertama. Haha. Ehhhh doraka deh, jadi we ya pas pertama pengerjaan tugas akhir, harus belajar lagi dari awal tentang penelitian kualitatif, kuantitatif, validitas, reliabilitas, dan sebagainya. Da gak ngerti. Maaf ya pak :p

Dari situ mulai mikir, ya ampuuun bentar lagi semester 8 ya. (۳˚Д˚)۳.Duh ngerjain tugas akhir. (۳˚Д˚)۳. Satu hal yang awalnya saya maleeees banget ngehadepinnya. Tapi da kudu euy. Lalu, Hidup sudah terasa makin serius ketika…… semua sibuk mencari judul.

“Pengaruh X terhadap Y…”
“Aku sih kualitatif deh”
“Aing geus nemu judul euy”
“Saya sih replika dari Teteh X. Udah minta softcopy nya”
“Pengaruh …”
“Pengaruhhhhh……”
“Hmm… Pengaruhhhhh…”
Arrrrgh. Stop! (۳˚Д˚)۳
(Bosen ya emoticon nya (۳˚Д˚)۳  mulu. Maklum ngopy di twitter ahahah)

Perjalanan mencari judul
Karena takut ketinggalan, saya mulai googling. Entah googling apa saya pun bingung. Semua yang dirasa penting saya pin di bookmark. Galau di perpustakaan karena bener bener gak ngerti gimana cara ngerjain Tugas Akhir. Ketika semua sibuk mencari judul, saya sibuk memahami sebenernya bagaimana sih pembuatan tugas akhir itu? Isinya tuh apa? Bab I,II,III ngomongin apa? Kalau saya udah tau gimana cara pengerjaannya, baru saya bisa tau kearah mana nanti penelitian saya. Buset dah banyak gaya ya haha.
Akhirnya sampailah saya di suatu hari dimana saya berdiam diri di dalam perpus dengan beberapa tumpukan tugas akhir para kakak kelas. Saya liat satu-satu, walaupun gak ngerti. Saya pahamin alurnya. Walaupun masih mencoba memahami. Hmm. Lama-lama mulai sedikit pencerahan. Baru lah saya memberanikan diri untuk mulai baca2 isinya. Siapa tau dapet inspirasi. Tapi tetep saya gak nemu judul yang bikin saya sreg. Saya mulai aral. Dan pulang ke rumah tanpa hasil. *Dramatis*

Suatu pagi di kosan suke, saya dapet sebuah artikel tentang dana perimbangan. Ehem maaf ya bagian ini agak serius. Kalau males, di skip juga gak apa-apa haha. Artikel itu menyebutkan bahwa masih banyak daerah yang menggunakan dana perimbangan yang di transfer pusat ke daerah yang notabene digunakan untuk sektor riil ternyataaa malah di investasikan di Sertifikat Bank Indonesia. Alasannya karena kalau di investasikan ke SBI, lebih “aman”. Ribetnya birokrasi dalam pengerjaan proyek dan sulitnya realisasi kegiatan proyek seperti pembebasan lahan bikin si daerah males untuk mengoptimalkan dana perimbangan yang dikasih pusat buat hal-hal yang sifatnya berhubungan ama hajat hidup orang banyak. Kalau ada sedikit penyelewengan di proyek, maenannya KPK. Mereka semacam takut. (That article said) Jadi dana perimbangan nya tuh di puter nya di bank dan hasil yang di dapet cuma dari bunga. Lalu infrastruktur? Hancur. Pelayanan masyarakat? Tidak tercapai. Karena dananya tidak digunakan untuk sektor riil.

Artikel ini bikin saya tertarik buat bikin tugas akhir tentang Dana Perimbangan. Besoknya saya utarakan rencana judul tugas akhir saya ke Pak Ar*wan, pembimbing saya. Saya minya pengarahan ini TA kira-kira diapain haha. Lalu pa Arwan nganjurin saya buat ngehubunginnya ama sistem pengendalian intern. SPI? 
Apaan tuh? Dalem hati saya dulu.

Setelah googling, (Duh saya Google dependable banget yah ahaha) saya baru tau kalau penyimpangan prosedur yang kaya diatas itu di kontrol oleh SPI. Yah pokoknya intinya begitulah. Haha. Udah ngantuk nih jadi maaf kalau ngaco. Akhirnya saya pulang ke rumah senyam senyum. Asa mendapatkan pencerahan. Nanana.. Dudududu…
Aku punya judul. Gumam saya dalem hati, senang J

GANTI JUDUL???
Di awal mei (kalau gak salah), ada yang namanya seminar. Disitu kita presentasikan judul kita ke pembimbing dan penguji untuk diambil keputusan apakah judul kita lanjut atau gak. Hasil seminar sih cukup memuaskan. Judul saya lanjut. Tapiiiiii…….
Pemerintah Kota Cimahi di suatu siang. H +1 setelah sidang seminar.
“ Oh, untuk dana perimbangan kita pakai untuk sektor riil. Tidak di investasikan ke SBI. Ini bukti penggunaan Dana nya” ucap seorang kepala bidang perbendaharaan Pemerintah Kota Cimahi

</3

“Oh, gak mba. Pengelolaan setiap dana perimbangan berbeda. DAK, DBH, DAU pengelolaannya berbeda. Lebih baik anda mempersempit dana perimbangan nya.”

</3”

“ Lebih baik anda, Ganti judul………..”

gaaaaaaaa
nn
nn
ttiiiiiiiii
juuuuuu
du
du
duuuul.

Kata-kata itu menggema sungguh menyakitkan.

JUDUL BARU :*
Karena saya udah terlanjur sreg ama dana perimbangan, akhirnya saya keukeuh untuk bikin tugas akhir tentang dana perimbangan. Entah dari data kuantitatifnya, atau mungkin salah satu dari ketiga dana perimbangan, pokoknya berhubungan dengan dana perimbangan. Karena buat saya, saya harus suka dulu ama topik nya. Baru saya bakal semangat ngerjainnya. Setelah wawancara dengan ibu tersebut, googling peraturan yang dipakai, mencari fenomena yang terkait, akhirnya saya memutuskan untuk meneliti tentang hubungan sistem pengendaian intern dengan pengelolaan dana alokasi khusus. Cup ah.

SHORT TERM MEMORY LOST
Yang namanya tugas akhir, gak akan lepas dari yang namanya bimbingan. Duh pembimbing saya itu unik banget. Suka lupa ingatan. Hehe. Pernah saya dan anas dateng bimbingan ke beliau. Entah untuk keberapa kalinya. Karena hari-hari sebelumnya saya seriiiiiiiiing banget bimbingan sama beliau.Tiba-tiba…
“Pak, mau bimbingan..”

“ Anda darimana ya?”

</3

“D3/D4?”

</3

Ada lagi. Ini lebih parah. Haha.
“ Pak, mau revisi hasil seminar.”

“Seminar? Kapan ya?”

“ <&^&&%*&^&*&)(*)*_^87”

Tapi pada dasarnya beliau baik ko, ya walaupun rada kudu sabar sedikit :P

Udah ah besok dilanjutin lagi. Ngantuk. Haha. Lagi-lagi antiklimaks.
Mailida, Jan 2012

Comments

Popular posts from this blog

Mengatur Belanja Seminggu

Selama saya menikah, pengeluaran yang gak kekontrol itu pengeluaran makan. Awalnya, sebelum bikin meal preparation setiap minggunya, yang saya lakukan adalah belanja ke pasar setiap hari pulang kantor ((( setiap hari )))).  Dan itu boros banget. Mana sisa makanan pada kebuang karena busuk. Belum lagi sayur yang gampang layu dan gak bisa diolah. Yah.....namanya juga learning by doing ya. Akhirnya saya nemu cara belanja yang jauh lebih efektif, efisien, dan ekonomis. Namanya meal preparation . Dilakukan seminggu sekali dan disimpan dengan baik ke dalam storage box. Sekarang jadwal wajib saya setiap minggu pagi adalah ke pasar tradisional atau pasar modern diantar abang. Beli sayur dan lauk untuk keperluan seminggu ke depan. Dan tau gak sih, ternyata kalau kita well planned, pengeluaran makanan bisa sangat efisien. Manfaat yang saya dapet itu,  Bahan makanan pas habis dalam seminggu hampir tanpa sisa yang kebuang Hemat waktu dan hemat energi Pengeluaran makan gak boros Lebih

Pesan Moral Manusia ½ salmon

Beberapa menit yang lalu saya baru aja selesai baca buku nya raditya dika yang baru yang judulnya manusia setengah salmon. Awalnya agak sinis ama isi buku ini. Saya pikir, “Ah paling buku humor guyonan biasa aja. Ala raditya dika aja lah gimana. Lumayan lah buat cekakak cekikik. Itung-itung hiburan.” Saya pun sempet nyesel sebelum membaca buku itu secara keseluruhan. Tau gitu beli buku lain yang lebih bermutu. Yang lebih berat. Yang kontennya ‘lebih pintar’. Pikir saya. Ibu saya pun sempet nanya pas saya mau bayar ke kasir. “ Jadinya beli buku itu? Ngasih manfaat gak?” Di dalem hati saya menjawab. Let me see. Setelah beberapa hari buku itu terbengkalai, akhirnya saya baca juga ampe selesai. Emang sih banyak banget cerita yang bikin saya cekakak cekikik ampe ketawa-ketawa sendiri. Ok, it’s so raditya dika. Saya gak kaget. Hingga akhirnya saya berada di chapter terakhir buku ini. Chapter yang bikin saya mengemukakan pertanyaan monolog di otak saya. Is that you, raditya dika

Bahagia & Dian Sastrowardoyo

Apa itu bahagia? Semua orang menginginkannya. Hari ini saya mendapatkan sebuah pelajaran lagi tentang apa itu bahagia. *** Sebuah wawancara, Hitam Putih – Dian Sastrowardoyo “ Aku itu ambisius banget. Aku itu banyak mau. Tapi ternyata aku baru sadar dunia ini lebih enteng kalau kita gak terlalu ambisius-ambisius amat. Karena I have everything that I want to ternyata.” Waktu hamil, karirnya sedang berada di puncak. Awalnya agak menyalahkan kehamilan ini, tapi setelah syaelendra lahir dia bahagia sekali. Jika dirunut kebelakang, Dian adalah seorang yang ambisius dari kecil. Menurutnya, definisi ambisius adalah focus dan determine banget untuk mencapai apa yang dia mau. Dari umur 10 tahun dia sudah ingin sekolah di luar negeri more than anything in the world. Di umur segitu dia melakukan riset bagaimana caranya mendapatkan uang banyak agar bisa membiayai sekolahnya di luar negeri. Ternyata menjadi artis adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang banyak karena ibunya