Skip to main content

Flashback

If you carry your childhood with you, you never become older
Tom Stoppard
Udah lama banget deh pengen nulis tentang masa SD saya di SALMAN, tapi selalu aja gak sempet dan gak ada waktu. Males sih sebenernya. Hahaha. Mangkanya mumpung gak males, saya pengen cerita deh Masa SD saya yang super menyenangkan.
And the story begin.....
EX-CALIBUR
Dulu pas zaman SD saya punya dua geng. Geng pertama namanya excalibur, anggotanya Saya, Putri, Kania, Hamdan, Bajay, Rian. Sayangnya kita bukan geng anak manis. Yah bisa dibilang partner in crime lah. Kita punya markas di bawah bunga bougenvil di deket pintu masuk sekolah. Gila ya how small nya kita dulu ampe cukup duduk ber 6 di bawah tanaman bougenvil. Disana kita sering rapat. Dan kalian tau apa yang kita rapatin? Ini nih topik rapat kita.
" Dimana lagi ya markas kita selanjutnya? "
Setelah mendapatkan conclusion dari rapat tersebut, akhirnya kita pindah markas. Setelah markas baru sudah di tentukan, kita rapat lagi untuk menentukan markas selanjutnya. Hahaha. Jadi intinya markas kita banyak. Kadang-kadang di Gedung Playgroup, di kandang Angsa, atau di kandang kelinci yang kelinci nya gak ada. Hahaha sekolah saya udah kaya kebun binatang. Saking banyak nya binatang berkeliaran di sekolah kami, salah satu anggota geng excalibur, si Putri, nemuin binatang Lege banyak banget. Hingga dia di nobatkan menjadi Ratu Lege.
Ada satu markas yang ternyata terabadikan karena saya temuin fotonya di Group SD SALMAN ANGKATAN 2002. Itu tuh tebing yang ada pohon sukun nya. Tempat dimana kita bikin pupuk di pelajaran Leadership. Suka di pake serodotan atau panjat tebing.
Ex- Calibur
Kita sempet sedih loh pas tebing ini runtuh gara-gara longsor. Walaupun kita punya banyak markas, tapi markas ini tuh paling kojo euy.
Oh iya,di foto itu pasti hari kamis, karena kita pake baju bebas. Soalnya gak pake seragam hijau putih yang kaya pelayan itu. Wkwk
Kita ber enam tuh terbentuk karena kita satu kelas pas kelas 6. Wali kelas kita, Bu ismi, sering banget nge hukum kita karena sering telat shalat. Soalnya kita main air dulu pas wudhu. Hehe. Ritual yang sering banget kita lakuin sebelum shalat dzuhur loh itu. Sekolah saya itu SD islam yang full day school, jadi ada Shalat dzuhur bersama nya.
Setelah shalat dzuhur bersama, kita makan siang. Nah yang piket hari itu harus ngambil makanan ke dapur buat temen-temen di kelasnya. Uhhh saya paling males yang namanya piket. Soalnya jarak dari dapur ke kelas kita tuh jauh banget. Biasanya saya kebagian yang bawa buah. Soalnya ringan. Nah anak cowo deh yang bawa nasi. Dan kalian harus tahu, sekelas bakal cemberut banget kalau menu makanan hari itu adalah OYONG. Ya, oyong, makanan paling mengerikan buat kita. Yuck. Oyong gak akan pernah laku. Disentuh pun enggak.
" Hari ini makan nya apa?"
" Oyong"
"Yahhhhhhh"
(serempak)
" Gak mau makan ah"
"Aku juga gak mau"
" Aku juga "
"Ihhh kenapa sih harus oyong"
" Bu ismiii aku mau muntah, aku gak suka oyong"
Yah begitulah reaksi kita kalo menu nya oyong. Walhasil, pas ngembaliin makanan ke dapur, sayur oyong nya masih penuh.
Nah buat anak yang makan nya paling lama, hukumannya nyuci piring temen sekelasnya. Nih, anak yang sering di hukum karena makan nya paling lama. Namanya mugna.
Mugna dihukum karena makan nya paling lama. Sementara yang lain udah selesai
SKJ 2000
Setiap jumat, di sekolah saya selalu ada senam SKJ. Buat yang dateng nya telat, harus jadi instruktur di depan bareng guru-guru. Sumpah, setiap hari jumat saya gak pernah mau telat dateng ke sekolah. Karena rasanya maluuuu banget jadi instruktur senam di depan. Dan yang paling gak akan saya lupa adalah seragam olahraga nya yang " Astaga " banget. Warna nya nabrak banget antara biru, kuning, merah, hijau, oren, semuanya disatuin.
Kita di kumpulin di lapangan buat senam SKJ
Mirza, tama, vidi, kiko, dan mugna sehabis berolah raga. Itu yang kaki nya ke atas cuma keliatan kaos kaki nya masih misteri.
LP-NICKERS
Ini nama geng saya yang kedua. Sayang banget gak ada foto nya. Semenjak kania pindah ke temanggung, geng ex calibur bubar jalan. -____- . Awalnya geng ini cuma Diza, Dhea, Sasa, dan Icha. Dan mereka menamakan dirinya nickers. Nah datang lah saya dan putri (pecahan dari ex calibur), jadi geng nya di tambahin LP. LP Nickers (Lida Putri-Nickers). Get it? Haha
Geng ini sih geng imajinasi kalau boleh di bilang. Kita pernah bermimpi buat bikin rumah pohon yang dinamain "KEMUNG". Kemung itu singkatan dari kecil mungil. Rumah icha lah tempat dimana kemung akan dibuat. Sumpah loh tapi ini project serius. Soalnya kita ampe jualan biar dapet uang buat beli matrial nya. Tapi uang yang ke kumpul cuma 50.000, entah deh sekarang uang nya kemana. Hahaha. Alhasil kemung hanyalah wacana dan imajinasi semata.
Diza itu si cengeng yang benci banget ama sambel. Pernah saya di musuhin seharian gara-gara netesin sambel di bekel nya. Cuma setitik doang padahal. Tapi nyampe nangis. Hahaha.
Kalo dhea itu miss pinky. Atribut yang dia pake dari atas sampai bawah warnanya pink semua. Kata nya sih nyampe sekarang kuliah loh. Wow
Icha, si kutu buku yang super pintar. Kita selalu tau hal-hal baru dari dia. Bisa di bilang dia tuh ensiklopedia berjalan.
Kalau shasa, yang paling dewasa diantara kita. Soalnya yang paling pertama dapet mensturasi. Hahahaha
Dulu, di belakang sekolah ada bongkahan putih yang mencurigakan. Sempet ada gosip, entah darimana, bongkahan itu tuh adalah mayat seorang nenek yang di buang. Sempet agak creepy ya. Gak ada yang mau ngedeketin. Akhirnya kita memberanikan diri untuk meneliti, eh pas di periksa ternyata KARUNG BERISI PASIR BUAT NGEBANGUN GEDUNG SMP.
SHERINA DAN SHADAM WANNA BE
Sherina dan Shadam versi SD SALMAN ALFARISI
Mereka berdua best couple pas zaman SD. Namanya kania dan azhar. Mereka pacaran looh. Ahaha. Kenapa disebut sherina dan shadam wannabe? Soalnya dulu pas lagi zaman nya Petualangan Sherina, mereka sering banget niruin gaya sherina dan shadam sambil nari-nari. Dan itu tontonan yang menarik buat kita.
Cuman ,percintaan mereka itu di tentang oleh Wali kelas mereka masing-masing. Kalau gak salah kania dan azhar itu beda kelas, jadi wali kelas mereka masing-masing berkoalisi buat memisahkan mereka. Hahahah pelik banget lah sumpah. Sementara mereka gak pernah mau putus. Sekarang sih udah putus loh yaa.
Saya pernah di labrak sama Kania gara-gara dia ngeliat Azhar gigit kepala saya. Kania kira itu romantis kali yaaa! Hahaha. Padahal saya langsung pusing gara-gara kejadian itu. Azhar bilang, kepala saya kecil banget, jadi pengen di gigit. T____T
Kania pernah cemburu gara-gara di kamarnya azhar ada foto sherina. Nah yang paling ngenes nya, di belakang foto sherina ada foto kania. wkwkw perselingkuhan dini.
JEMPUTAN PAK YUSUF
Argh saya kangen banget ama pak yusuf. Kemana yaa? Walaupun pak yusuf sering marah-marah kalau kita telat di jemput, tapi dia orang nya baik loh. Nih tingkah polah kita di jemputan sambil nunggu temen jemputan lain keluar kelas.
Danar, arki, dian, dan ehm SAYA. Di mobil carry pak yusuf.
Tempat duduk di belakang tuh buat sesepuh nya. Alias kakak kakak nya yang paling besar. Nah di depan tempatnya anak kelas 1,2,3,4, dan 5. Paling males deh kalau ada adek kelas yang nangis terus berisik banget di jemputan. Biasanya kita, geng sesepuh jok belakang bakal marah-marah. Hahaha senioritas berjaya.
Betapa menjijikan nya saya dahulu (Kerudung putih paling kanan)
SHALAT BERSAMA
Namanya juga SD Islam yang full day school. Jadi kita sering melakukan shalat berjamaah. Setiap anak laki-laki harus bergantian buat jadi imam. Setelah shalat dzuhur, kita harus baca al quran. Minimal berapa ayat saya lupa. Trus yang paling banyak baca nya jadi juara dan di catet ama bu ismi. Nah yang baca nya udah melebihi standar ayat yang di tentukan, boleh ngambil makan siang. Nah temen saya yang namanya Tami, selalu jadi juara baca al quran. Karena dia selalu jadi yang tercepat dan ayat yang dibacanya pun gak tanggung-tanggung. 1000 ayat dalam waktu setengah jam. Kita gak pernah percaya. Kita semua ngira Tami tuh bohong. Hahah. Ada-ada aja.
Shalat dzuhur di kelas. Meja tempat belajar di tarik ke depan.
PREMAN PREMAN SD
Cowo-cowo di kelas 6C
Masih inget banget deh cowok-cowok kelas 6C pernah bikin lagu dari nama ayah masing-masing. Kalau gak salah liriknya gini...
" Asep, sumardiono, sutrisno, dan juga Aino. Aino.. Aino.. Aino.. "
Nah sama LP-Nickers, lagu itu di aransemen buahahaha. Lirik nya di ganti jadi....
" Pesa, onoidramus, onsirtus, dan juga onia. Onia.. Onia.. Onia.. "
Namanya kita balik dan malah terdengar seperti nama-nama mantra. Hihihi.
DRAMA KING AND DRAMA QUEEN
Temen-temen SD saya banyak banget yang hidup nya drama abis. Soalnya kalau ngamuk, anceman nya mau bunuh diri. Eaaaaa.
Pertama, indra jati. Dia itu sering banget ngamuk. Entah karena apa. Terus kalau ngamuk anceman nya mau bunuh diri pakai...... GARPU. -____-
Kedua, si niskur. Katanya dia pernah mencoba mau bunuh diri loncat dari jemputan karena gak mau sekolah.
Hahahaha. Sinetron sekali.
SILUMAN CIMOL
Ternyata jaman SD saya bukan manusia, saya adalah siluman cimol.
BULET BANGET ATULAH!
WARUNG TIEZ
Karena kita gak boleh jajan di sekolah (soalnya di wajibkan bawa bekel), warung tiez adalah tempat jajan kita yang paling luar biasa. Letak nya di luar sekolah deket pos satpam. Warung kopi biasa ko, tapi jualan mie goreng dan cemilan-cemilan kecil juga. Rasanya gaya banget udah bisa jajan di warung tiez.
Ngomong-ngomong tentang bekel, pasti semua anak kelas masih inget kalau bekel yang paling enak tuh bekel nya Dini. Tapi dini tuh peliiit banget. Jadi kalau ada yang mau minta bekel dia, harus duduk yang rapih dengan tangan di lipat di meja. Atau dia bakal ngasih pertanyaan dan yang bisa jawab baru dapet bekelnya. @__@
REBUTAN GEBETAN
Dulu saya punya tiga temen, namanya putri, syifa, dan anita yang memperebutkan ardi. Kalau ke anita sih gak terlalu deket. Nah yang paling deket tuh sama putri dan syifa. Ada satu pertanyaan yang gak pernah saya bisa jawab sampai sekarang
SYIFA : " Lida, kamu lebih setuju aku ama ardi atau putri ama ardi?"
PUTRI : " Lida, kamu lebih setuju aku ama ardi atau syifa ama ardi?"
Buahahahah pusing lah saya di buatnya. Dan ardi lebih memilih Anita. Sabar ya teman-teman ku hahahah.
KARYA WISATA
Udah deh yang namanya karya wisata, semua anak pasti semangat. Bawa bekel yang banyak terus ga lupa kamera tustel jaman dahulu yang klise nya harus di cuci.
Pameran biota laut di Jalan Asia Afrika
Karya wisata ke Gua Jepang dan Gua Belanda, Setiap kelompok harus nampilin yel
Makan siang setelah seharian maen di ciater
Foto dulu di sungai air panas ciater
KISAH LOMBA ULTRA JAYA
Pas SD ada lomba yang di selenggarain ama ULTRA JAYA. Yang jadi perwakilan siapa lagi kalau bukan Tami dan Fathin. Mereka emang pasangan pintar yang selalu juara kelas. Nah lomba yang diadain salah satunya lomba angklung dan lomba yel. Dulu saya gak masuk jadi pemain angklung yang ikut lomba. Saking keukeuh nya pengen ikutan, saya ngerengek ke pa tasmin. Lumayan lah akhirnya saya berpartisipasi.
Jadi di yel nya itu, kita nyanyiin lagu mars sambil berjajar ngebentuk huruf S-A-F kalau diliat dari atas. Nah saya adalah salah satu anak yang ada di huruf SAF itu. Hahahah sedih.
Peserta lomba angklung. Pak Tasmiiin aku pengen ikutaan.
MARS SALMAN
Masih pada inget gak sih ama mars salman? Saya sih inget. :P
Kami siswa-siswi salman
Belajar untuk masa depan
Di bawah panji islam
Dunia Akhirat seimbang
Jiwa raga terbina
Belajar dan berdoa
Hingga berguna bagi nusa bangsa dan agama
Hadapi!
(prok prok prok)
Cobaan!
(prok prok prok)
Singkirkaaaan tantangan
Kita brantas!
(prok prok prok)
Kebodohan!
Dengan ilmu dan amal
Dengan ilmu dan amal
GURU GURU TERSAYANG
Saya kangen banget ama semua guru-guru saya. Mereka udah kaya orang tua kita yang kedua. Selama 6 tahun dari kelas 1 sd, kita di asuh ama mereka. Dikasih petuah dan cerita-cerita yang keren-keren. Tanpa mereka, kita semua gak akan bisa kaya sekarang ya? Bayangin aja, dari jam 7 pagi sampe jam 4 sore kita bareng mereka terus. Jadi wajar kalau mereka udah kaya orang tua. Bukan sekedar guru lagi :)
Ada lagu bagus yang lirik nya cool banget kalau di dedikasiin buat guru-guru saya di salman.
GURU KU TERSAYANG
Pagiku Cerahku
Matahari bersinar
kugendong tas merahku
di pundak
Selamat pagi semua
kunantikan dirimu
di depan kelasmu
menantikan kami
Ref :
Guruku Tersayang
Guru tercinta
Tanpamu apa jadinya aku
Tak bisa baca tulis
Mengerti banyak hal
Guruku terimakasihku
Nyatanya diriku
Kadang buatmu marah
Namun segala ma'af
Kau berikan
Download deh lagunya. Enakeun. sumpah!
Ini surat dari Alm. Ibu dewi. Ibuuuuu :'(
pa aang - pa rombang - pa sugi - pa nino - pa asep soleh
bu ella, bu ismi, bu nur, bu umi, bu ami
SALMAN SEKARANG
Mungkin segitu aja yang bisa saya tulis disini. Rasanya menyenangkan sekali bernostalgia dan mengingat masa kecil kita. Seperti berjalan melalui mesin waktu dan kembali ke masa lalu. Dan sudah waktunya saya kembali ke masa sekarang.
Selamat malam, teman-teman masa kecil saya :')
Mailida, Juli 2011

Comments

  1. uang 50 ribu kita, kita pake buat beli buku Chicken Soup for Teenagers. Kamana ateeeuuh teenagers! hahahaha

    ReplyDelete
  2. Harus banget syaaaaaaad! Hahah

    ReplyDelete
  3. Excalibur lah ahahahaha sungguh lawas

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengatur Belanja Seminggu

Selama saya menikah, pengeluaran yang gak kekontrol itu pengeluaran makan. Awalnya, sebelum bikin meal preparation setiap minggunya, yang saya lakukan adalah belanja ke pasar setiap hari pulang kantor ((( setiap hari )))).  Dan itu boros banget. Mana sisa makanan pada kebuang karena busuk. Belum lagi sayur yang gampang layu dan gak bisa diolah. Yah.....namanya juga learning by doing ya. Akhirnya saya nemu cara belanja yang jauh lebih efektif, efisien, dan ekonomis. Namanya meal preparation . Dilakukan seminggu sekali dan disimpan dengan baik ke dalam storage box. Sekarang jadwal wajib saya setiap minggu pagi adalah ke pasar tradisional atau pasar modern diantar abang. Beli sayur dan lauk untuk keperluan seminggu ke depan. Dan tau gak sih, ternyata kalau kita well planned, pengeluaran makanan bisa sangat efisien. Manfaat yang saya dapet itu,  Bahan makanan pas habis dalam seminggu hampir tanpa sisa yang kebuang Hemat waktu dan hemat energi Pengeluaran makan gak boros Lebih

Pesan Moral Manusia ½ salmon

Beberapa menit yang lalu saya baru aja selesai baca buku nya raditya dika yang baru yang judulnya manusia setengah salmon. Awalnya agak sinis ama isi buku ini. Saya pikir, “Ah paling buku humor guyonan biasa aja. Ala raditya dika aja lah gimana. Lumayan lah buat cekakak cekikik. Itung-itung hiburan.” Saya pun sempet nyesel sebelum membaca buku itu secara keseluruhan. Tau gitu beli buku lain yang lebih bermutu. Yang lebih berat. Yang kontennya ‘lebih pintar’. Pikir saya. Ibu saya pun sempet nanya pas saya mau bayar ke kasir. “ Jadinya beli buku itu? Ngasih manfaat gak?” Di dalem hati saya menjawab. Let me see. Setelah beberapa hari buku itu terbengkalai, akhirnya saya baca juga ampe selesai. Emang sih banyak banget cerita yang bikin saya cekakak cekikik ampe ketawa-ketawa sendiri. Ok, it’s so raditya dika. Saya gak kaget. Hingga akhirnya saya berada di chapter terakhir buku ini. Chapter yang bikin saya mengemukakan pertanyaan monolog di otak saya. Is that you, raditya dika

Bahagia & Dian Sastrowardoyo

Apa itu bahagia? Semua orang menginginkannya. Hari ini saya mendapatkan sebuah pelajaran lagi tentang apa itu bahagia. *** Sebuah wawancara, Hitam Putih – Dian Sastrowardoyo “ Aku itu ambisius banget. Aku itu banyak mau. Tapi ternyata aku baru sadar dunia ini lebih enteng kalau kita gak terlalu ambisius-ambisius amat. Karena I have everything that I want to ternyata.” Waktu hamil, karirnya sedang berada di puncak. Awalnya agak menyalahkan kehamilan ini, tapi setelah syaelendra lahir dia bahagia sekali. Jika dirunut kebelakang, Dian adalah seorang yang ambisius dari kecil. Menurutnya, definisi ambisius adalah focus dan determine banget untuk mencapai apa yang dia mau. Dari umur 10 tahun dia sudah ingin sekolah di luar negeri more than anything in the world. Di umur segitu dia melakukan riset bagaimana caranya mendapatkan uang banyak agar bisa membiayai sekolahnya di luar negeri. Ternyata menjadi artis adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang banyak karena ibunya