Skip to main content

Tora, Mieke, dan Perselingkuhan


“ In love and war, everything is legal”

Quote diatas di ucapin sama Dedy Cobuzier di akhir acara talk show hitam putih. Bintang tamu saat itu Tora Sudiro dan Mieke Amalia, mereka ngebawa anak bayi nya yang dinamain Jenaka. Mukanya lebih mirip mieke sih menurut gue. Hehe. Bahasan obrolan mereka yang terakhir mengacu pada issue perselingkuhan mereka jaman dulu. Yang saya tangkep, mereka gak menyangkal issue tersebut. Gak kaya artis lain yang melakukan beribu pembenaran dengan bilang “Kita gak ada apa-apa ko” atau “Dia cuma temen doang” atau “No comment” taunya? Beneran! Tapi mereka secara implisit mengakui: yes, we did. So?
****

Di tengah talkshow tersebut, dedy tanya ke Tora.

Menurut kamu, mieke itu apa?

“ Perempuan” kata Tora dengan gaya nya yang gak pernah serius. Dedy menampakan muka datar dan menunggu jawaban yang sebenarnya.
Tora belum menjawab. Kamera mulai zoom in ke wajahnya selama beberapa detik.
“ Nungguin ya lo semua?” Ucap nya lagi sambil tertawa.
Semua penonton ikut terbahak. Termasuk saya di depan televisi. Akhirnya definisi seorang mieke menurut tora terlontar juga..
“Penyejuk” Suara riuh rendah tepuk tangan di tambah senyum mieke yang merekah dan peraduan mata tora mieke yang berbinar membuat simpul senyum saya bergerak satu centi ke kanan dan ke kiri. Manisnya. Kata saya dalam hati.

Apa yang membuat kalian saling jatuh cinta?

Sebuah pertanyaan kembali terluncur dari mulut dedy. Mereka berdua saling menjawab satu sama lain tanpa ragu.
Mieke  : “ Tora itu enak. Nyaman. Santai. Hidup gue bawaannya gak ribet. Gak stress. Bahagia terus. Enak lah pokoknya.”
Tora     : ”Gua kira mieke itu.. Yah model-model begini sih biasanya cewe-cewe matre lah ya. Yang tipe-tipe begitulah. Tapi ternyata nih ya pas si jenaka nangis malem-malem, dia mau bangun gendong-gendong buat ngejagain”

Saya pikir ada sisi keibuan mieke yang tora dapetin dan bikin tora kepincut sama janda dua anak ini. Dan ternyata tora udah ditinggal meninggal sama ibu nya dari umur 7 tahun. Yang saya tau, seorang laki-laki yang kehilangan sosok seorang ibu biasanya mencari pasangan hidup yang memiliki sifat keibuan. (sumber: wolipop)

Perselingkuhan memang selalu memberikan cibiran negative sekitarnya. Itu wajar. Paradigma lingkungan sosial yang sudah memberi cap buruk terhadap salah satu perilaku sosial ini memang sulit untuk di rubah. Hingga ada satu hal yang bikin saya deg ketika mieke bilang gini : Yah mungkin karena dulu kita emang sama-sama tau bahwa kita saling cinta kali ya. Tujuan kita baik, kita juga gak pernah maksud buat menyakiti banyak pihak. Tapi yah memang ada sesuatu yang harus di korbankan. Semoga hubungan ini bisa nyampe tua.

Di sampingnya tora mengangguk-angguk. Tersenyum. Kalau kamu liat matanya, ada makna lain yang terlihat dari sekedar angguk-angguk tanda persetujuan. Makna sebuah perjalanan panjang yang sulit yang berakhir dengan sebuah kebebasan. 

Oke, coba kita menerka-nerka dengan dasar teori sok tau. Anggaplah kita sebagai mieke dan tora dahulu yang sudah memiliki pasangan masing-masing. Dan mereka mulai merasa bahwa belahan jiwa mereka bukan yang mereka nikahi dulu. Sementara pasangan hidup itu selamanya. Hingga akhirnya ada dorongan kuat yang membuat mereka ingin keluar dari hubungan mereka masing-masing. Tidak melanjutkan apa yang sudah berjalan dan berbalik arah memulai sesuatu yang baru. Memperjuangkan untuk bersama walaupun terhalang. Hingga akhirnya mereka melakukan perselingkuhan hati.

Perselingkuhan bisa diidentifikasikan menjadi dua. Perselingkuhan hati dan perselingkuhan tanpa hati. Perselingkuhan tanpa hati biasanya ditandai dengan kembali nya lelaki/ perempuan tersebut kepada pasangannya. Perselingkuhan hati biasanya too deep to leave. Tempat kembalinya, ya ‘pasangan’ selingkuhannya.


Menurut saya disini tidak ada pihak yang baik dan pihak yang jahat. Hanya saja terkadang pihak yang satu bukanlah kebutuhan pihak lainnya. Mungkin kebutuhan tora adalah mieke. Kebutuhan mieke adalah tora. Namun caranya saja yang mungkin harus mengorbankan salah satu pihak. Sulit memang, tapi kemauan hati lebih sulit lagi.

Menurut Wikipedia, perselingkuhan adalah hubungan antara individu baik laki-laki maupun perempuan yang sudah menikah ataupun yang belum menikah dengan orang lain yang bukan pasangannya. Coba kita tarik kata terakhir di kalimat tersebut. Pasangan. Definisi pasangan menurut kamus bahasa indonesia adalah yang merupakan pelengkap bagi yang lain. Lalu jika individu yang bersamanya secara fisik namun tidak merasa saling melengkapi apakah bisa disebut dengan pasangan? Jadi menurut definisi diatas, apakah bisa dikatakan bahwa tora dan mieke berselingkuh dari pasangannya? Hmmmm.
:)))))

Mailida,  May 2012

Comments

  1. :)) perspektif yang..... bisa bisa bisa... heuheu

    ReplyDelete
  2. Bisa apa nih? Ahahaha bisa gila @,@

    ReplyDelete
  3. hahahaha ya bisa diterima gitu maksudnya, hahaha

    ReplyDelete
  4. baguuuuuus tulisannya dan pemikirannya. :D nice writing :)

    ReplyDelete
  5. Bagus banget tulisannya dan cara pandangnya.. Ada yang punya videonya gak yah? Ak search di youtube kok gak ada..?

    ReplyDelete
  6. Very good point of view.. Pasangan sejati dan perselingkuhan.. Hmmm.. Ada yg tau link videonya gak yah? Ak coba search di you tube kok gak ada yah?

    ReplyDelete
  7. kalaupun ia.. Kenapa harus selingkuh.. Kalau memang pria sejati.. Ngomong donk sama pasangannya....

    Cara pandangnya oke... Tapi tindakannya tidak...

    ReplyDelete
  8. Berasa sedih...na'uzubillahi minzalik..semoga Allah selalu melindungi keluargaku dari hal seperti itu..Amin..ya Allah.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Kalau dulu tak cinta kenapa dulu menikah sampai @ pny anak 2

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengatur Belanja Seminggu

Selama saya menikah, pengeluaran yang gak kekontrol itu pengeluaran makan. Awalnya, sebelum bikin meal preparation setiap minggunya, yang saya lakukan adalah belanja ke pasar setiap hari pulang kantor ((( setiap hari )))).  Dan itu boros banget. Mana sisa makanan pada kebuang karena busuk. Belum lagi sayur yang gampang layu dan gak bisa diolah. Yah.....namanya juga learning by doing ya. Akhirnya saya nemu cara belanja yang jauh lebih efektif, efisien, dan ekonomis. Namanya meal preparation . Dilakukan seminggu sekali dan disimpan dengan baik ke dalam storage box. Sekarang jadwal wajib saya setiap minggu pagi adalah ke pasar tradisional atau pasar modern diantar abang. Beli sayur dan lauk untuk keperluan seminggu ke depan. Dan tau gak sih, ternyata kalau kita well planned, pengeluaran makanan bisa sangat efisien. Manfaat yang saya dapet itu,  Bahan makanan pas habis dalam seminggu hampir tanpa sisa yang kebuang Hemat waktu dan hemat energi Pengeluaran makan gak boros Lebih

Pesan Moral Manusia ½ salmon

Beberapa menit yang lalu saya baru aja selesai baca buku nya raditya dika yang baru yang judulnya manusia setengah salmon. Awalnya agak sinis ama isi buku ini. Saya pikir, “Ah paling buku humor guyonan biasa aja. Ala raditya dika aja lah gimana. Lumayan lah buat cekakak cekikik. Itung-itung hiburan.” Saya pun sempet nyesel sebelum membaca buku itu secara keseluruhan. Tau gitu beli buku lain yang lebih bermutu. Yang lebih berat. Yang kontennya ‘lebih pintar’. Pikir saya. Ibu saya pun sempet nanya pas saya mau bayar ke kasir. “ Jadinya beli buku itu? Ngasih manfaat gak?” Di dalem hati saya menjawab. Let me see. Setelah beberapa hari buku itu terbengkalai, akhirnya saya baca juga ampe selesai. Emang sih banyak banget cerita yang bikin saya cekakak cekikik ampe ketawa-ketawa sendiri. Ok, it’s so raditya dika. Saya gak kaget. Hingga akhirnya saya berada di chapter terakhir buku ini. Chapter yang bikin saya mengemukakan pertanyaan monolog di otak saya. Is that you, raditya dika

Bahagia & Dian Sastrowardoyo

Apa itu bahagia? Semua orang menginginkannya. Hari ini saya mendapatkan sebuah pelajaran lagi tentang apa itu bahagia. *** Sebuah wawancara, Hitam Putih – Dian Sastrowardoyo “ Aku itu ambisius banget. Aku itu banyak mau. Tapi ternyata aku baru sadar dunia ini lebih enteng kalau kita gak terlalu ambisius-ambisius amat. Karena I have everything that I want to ternyata.” Waktu hamil, karirnya sedang berada di puncak. Awalnya agak menyalahkan kehamilan ini, tapi setelah syaelendra lahir dia bahagia sekali. Jika dirunut kebelakang, Dian adalah seorang yang ambisius dari kecil. Menurutnya, definisi ambisius adalah focus dan determine banget untuk mencapai apa yang dia mau. Dari umur 10 tahun dia sudah ingin sekolah di luar negeri more than anything in the world. Di umur segitu dia melakukan riset bagaimana caranya mendapatkan uang banyak agar bisa membiayai sekolahnya di luar negeri. Ternyata menjadi artis adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang banyak karena ibunya