Skip to main content

Part II - Tugas Akhir


Oke, apa yang sudah dimulai, harus segera diselesaikan.

Setelah kemaren tiba-tiba rasa malas melanda membabi buta, yang menyebabkan saya harus mengakhiri cerita Part I Tugas Akhir dengan super antiklimaks, akhirnya saya lanjutkan kembali ceritanya di Part II ini :D

SEBAR KUESIONER = SALES
Karena penelitian saya kualitatif, jadi metode yang saya gunakan untuk menyelesaikan tugas akhir ini dengan cara nyebarin kuesioner ke responden terkait. Saya sebar kuesioner saya ke 10 SKPD di Cimahi yang dinasnya memang dapet DAK. Fuuu, repot tapi seru juga. Mengetuk dari 1 pintu ke pintu lainnya buat minta izin kasih kuesioner. Ada yang welcome. Ada yang super ramah. Ada yang rese. Ada juga yang ribet.
Ada kejadian paling bikin dongkol dan ultra mega gondook. Ketika saya dibilang kaya sales. Whattttaaaaa!!!??

“Selamat pagi bu, saya mailida dari Politeknik Negeri Bandung. Mau sebar kuesioner buat penelitian tugas akhir saya tentang Dana Alokasi Khusus.”

“ Loh ko, anda dateng kesini langsung? Bukannya ke bagian umum dulu ya. Nanti baru mereka yang sebar kesini.”

“ Maaf bu, tapi yang saya tau, saya nya sendiri yang harus ngasih ke dinas-dinas. Bukan lewat bagian umum.Hehe”

“Oh gitu ya, ko jadi kaya sales sih.”

“………….”

DUARRR!!!!
(((((Mood Crashed)))))

ZOMBIE TUGAS AKHIR
Entah saya yang kelewat terlalu mem-push diri terlalu keras, atau management waktu saya yang buruk, tapi saya selalu begadang ngerjain tugas akhir. Pagi-pagi muka udah kaya keset selamat datang dengan lingkaran hitam super besar dibawah mata. O.o

Gak saya doang, liat temen-temen lain juga gitu. Haha. Gayanya udah kaya yang bener aja duduk di depan laptop ketik-ketik tugas akhir padahal twitteran dan facebookan. Baru ngerjain 5 menit, berasa udah seabad. Kayaknya udah ngasih effort yang cukup besar buat tugas akhir. Padahal baru bikin satu kalimat. Terus nge tweet “ Huaaaa stresss nih TA” bahahahah.

I HATE TIMES NEW ROMAN
Ada masanya dimana kita supeeeeer jenuh ama apa yang kita kerjain. Bener-bener pengen cepet berakhir dan nyelesain semuanya. Ada masanya dimana kita muak banget ngerjain tugas akhir. Pengen jauh-jauh seakan najis mugholadoh. Pokoknya jenuh banget. Saya pernah saking jenuhnya ngeliat times new roman, akhirnya saya ubah font TA saya jadi font yang lucu-lucu. Saya pakein warna biar gak bikin ngantuk. Tapi malah jadinya super ngakak sendiri. Gak pantes banget.

Indonesia memasuki era otonomi daerah sejak tanggal 1 Januari 2001. Pelaksanaan otonomi daerah mengacu pada Undang-Undang No. 22 Tahun 1999 mengenai pembagian kewenangan dan fungsi antara pemerintah pusat dan daerah. Menurut Undang-Undang No.22 Tahun 1999 pasal 1 huruf (h), otonomi daerah adalah kewenangan daerah untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat.”

“Otonomi daerah mengakibatkan terjadinya desentralisasi yang menyangkut pengelolaan keuangan daerah, perencanaan ekonomi (termasuk menyusun program-program pembangunan daerah) dan perencanaan lainnya yang dilimpahkan dari pusat ke daerah.

GALAU TA
Galau TA setiap orang beda-beda. Ada yang galau ama pembimbing, ada yang galau ama judul, ada yang galau data, ada yang galau karena ketinggalan dibandingkan yang lain, ada yang galau koneksi internet yang lelet, ada yang galau karena fenomena, ada yang galau karena metlitnya, ada yang galau karena kuesioner, dan sebagainya.

Semua berharap minta di lancarkan. Semua usaha. Semua ikhtiar. Ada yang sabar, ada yang kesal. Ada yang lancaar, ada yang buntu. Semua inget orang tua. Semua pengen lulus, semua pengen wisuda bareng-bareng.

Percaya atau gak, tugas akhir bikin kita berubah jadi sentimentil. Ada yang nangis, ada yang cape, ada yang putus asa, ada yang semangat, ada yang nyerah, dan sebagainya. Tapi saya percaya, semua fase ini bakal terlewati. Jalanin aja, pasti selesai. Nikmatin prosesnya. J

43 KG
 Oke sih ya, nikmatin prosesnya. Tapi gak nyampe turun berat badan ampe 43 kg jugaaaa -_____- Wisuda tinggal tulang belulang ini mah -___-

TIPS PENGERJAAN TA
Jangan pernah ditunda. Ini bad habit yang harus kita ubah. Kalau kamu banyak nunda, waktu bakal terasa 10x lebih cepat ngejar kamu.. Dan itu ngeri. Kalau gak percaya, coba aja. Pasti bakal ada rasa nyesel yang bikin kamu pengen kembali ke beberapa waktu yang lalu, memperbaiki semuanya. J

That’s what friends are for
Gotong royong sesama temen bakal kita rasain ntar kalau ngerjain tugas akhir. Si A bantu si B, si B bantu si C, Si C bantu di D dan sebagainya. Semuanya kerja sama biar lulus bareng-bareng. Yang udah,bantuin yang belum. Yang bisa, ngajarin yang gak ngerti. Yang santai, nolong yang lagi repot. Yang lebih, bantuin yang kurang. Semua saling bantu bikin kita ngerasa bahwa kita gak bisa hidup secara individu.

Tugas akhir juga mengajarkan kita untuk berempati. Belajar peka untuk tidak gembar-gembor kalau kita udah beres ke yang belum beres. Belajar peka untuk tidak ber-euphoria diatas penderitaan orang lain.

Tugas Akhir itu sebagian dari pelajaran hidup.
Di hari terakhir pengumpulan draft TA, saya dan temen-temen saya flashback ke beberapa bulan yang lalu. Cerita-cerita kejadian yang dialami selama pengerjaan proses ini. Sambil menunggu draft yang dicetak dari printer, kami saling mengambil hikmah masing-masing.

A : “ TA tuh pelajaran hidup banget lah. Mulai sekarang saya bakal belajar memanage waktu, memperbaiki perencanaan kalau ngerjain sesuatu, jangan pernah menyepelekan apapun. “
B: “ Kalau aku, pelajaran memanage stress”
C: “ Gak akan lagi nunda-nundaaaa”
D: “ Kalau aku sih lebih ke keyakinan aja kalau setiap masalah pasti ada solusinya. Kalau kita usaha“
E: “ Untung kabogoh urang lagi bageur. Kalau bikin lieur, putuskeun ku urang” Hahaha
…………

Huaaaaah kalau inget prosesnya ampe sekarang, rasanya haru banget deh. Setelah mengumpulkan draft tugas akhir di admin jam 4 sore, saya kembali menuju kosan dengan muka yang super sumringah. Langit ciwaruga gak pernah secerah hari itu…

Nice to meet you, TA. :*

Fin.



Tweet 3 bulan yang lalu:
“ Akan ada saatnya dimana tugas akhir sudah menjadi kenangan dan kejangaran prosesnya menjadi bahan cerita di masa yang akan datang…” @mailida :)

Mailida, Juni 2012


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengatur Belanja Seminggu

Selama saya menikah, pengeluaran yang gak kekontrol itu pengeluaran makan. Awalnya, sebelum bikin meal preparation setiap minggunya, yang saya lakukan adalah belanja ke pasar setiap hari pulang kantor ((( setiap hari )))).  Dan itu boros banget. Mana sisa makanan pada kebuang karena busuk. Belum lagi sayur yang gampang layu dan gak bisa diolah. Yah.....namanya juga learning by doing ya. Akhirnya saya nemu cara belanja yang jauh lebih efektif, efisien, dan ekonomis. Namanya meal preparation . Dilakukan seminggu sekali dan disimpan dengan baik ke dalam storage box. Sekarang jadwal wajib saya setiap minggu pagi adalah ke pasar tradisional atau pasar modern diantar abang. Beli sayur dan lauk untuk keperluan seminggu ke depan. Dan tau gak sih, ternyata kalau kita well planned, pengeluaran makanan bisa sangat efisien. Manfaat yang saya dapet itu,  Bahan makanan pas habis dalam seminggu hampir tanpa sisa yang kebuang Hemat waktu dan hemat energi Pengeluaran makan gak boros Lebih

Pesan Moral Manusia ½ salmon

Beberapa menit yang lalu saya baru aja selesai baca buku nya raditya dika yang baru yang judulnya manusia setengah salmon. Awalnya agak sinis ama isi buku ini. Saya pikir, “Ah paling buku humor guyonan biasa aja. Ala raditya dika aja lah gimana. Lumayan lah buat cekakak cekikik. Itung-itung hiburan.” Saya pun sempet nyesel sebelum membaca buku itu secara keseluruhan. Tau gitu beli buku lain yang lebih bermutu. Yang lebih berat. Yang kontennya ‘lebih pintar’. Pikir saya. Ibu saya pun sempet nanya pas saya mau bayar ke kasir. “ Jadinya beli buku itu? Ngasih manfaat gak?” Di dalem hati saya menjawab. Let me see. Setelah beberapa hari buku itu terbengkalai, akhirnya saya baca juga ampe selesai. Emang sih banyak banget cerita yang bikin saya cekakak cekikik ampe ketawa-ketawa sendiri. Ok, it’s so raditya dika. Saya gak kaget. Hingga akhirnya saya berada di chapter terakhir buku ini. Chapter yang bikin saya mengemukakan pertanyaan monolog di otak saya. Is that you, raditya dika

Bahagia & Dian Sastrowardoyo

Apa itu bahagia? Semua orang menginginkannya. Hari ini saya mendapatkan sebuah pelajaran lagi tentang apa itu bahagia. *** Sebuah wawancara, Hitam Putih – Dian Sastrowardoyo “ Aku itu ambisius banget. Aku itu banyak mau. Tapi ternyata aku baru sadar dunia ini lebih enteng kalau kita gak terlalu ambisius-ambisius amat. Karena I have everything that I want to ternyata.” Waktu hamil, karirnya sedang berada di puncak. Awalnya agak menyalahkan kehamilan ini, tapi setelah syaelendra lahir dia bahagia sekali. Jika dirunut kebelakang, Dian adalah seorang yang ambisius dari kecil. Menurutnya, definisi ambisius adalah focus dan determine banget untuk mencapai apa yang dia mau. Dari umur 10 tahun dia sudah ingin sekolah di luar negeri more than anything in the world. Di umur segitu dia melakukan riset bagaimana caranya mendapatkan uang banyak agar bisa membiayai sekolahnya di luar negeri. Ternyata menjadi artis adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang banyak karena ibunya