Skip to main content

Bengkulu, Februari 2012.

Welcome Home

Setelah beberapa tahun gak pulang kampung, tiba-tiba bapa ngasih tau kalau minggu ini kita sekeluarga bakalan ke Bengkulu selama seminggu. Berangkatnya tiba-tiba banget. Soalnya bapa dapet kabar kalau andung (panggilan nenek di sumatera) udah mulai sakit-sakitan. Saya aja ampe ngundur KP yang tadinya mulai tanggal 7 jadi tanggal 13.

Setelah packing sana-sini dan heboh dengan berbagai macam bawaan, akhirnya kami berangkat juga…

Berangkat hari senin jam 9 malem dari Bandung, nyampe Bengkulu jam 12 malem hari selasa. Whoaaa 26 jam perjalanan. T________T

Sesampainya di perbatasan jawa dan sumatera, kami naik kapal laut. Wooo-ho, saya baru pertama kali loh. Saya baru tau kalau mau naik kapal, mobil dimasukin di lantai bawah, terus penumpang naik ke atas buat istirahat. Ada kursi-kursi panjang buat tiduran. Cuma menghabiskan waktu 1 ½ jam, akhirnya kapal tersebut mengantarkan kami sampai di pulau sumatera.

Sepanjang jalan menuju Bengkulu saya cuma lihat pepohonan. Jalanannya sepi. Udaranya juga gak sepanas yang dipikir. Adem deh pokoknya. #Heaven. Beberapa jam kemudian kami masuk ke sebuah perkampungan. Keren pisan ini mah. Rumah nya gede-gede banget tapi semuanya rumah panggung dari kayu. Setiap rumah ada halamannya guedeee banget. Terlihat warga sekitar lagi bercocok tanam. Damai banget liatnya…

*Kampuang nan jauh dimato. Gunuang sansei baku liliang. Takanoo Jo kawan nan lamo sangkek basu liang* #Singing

Jangan tanya artinya. Mana gua tau!

Namun kedamaian itu berubah menjadi kenestapaan ketika adik saya ngerengek pengen duduk di depan bareng saya. Saya yang sudah mulai sedikit mual dan pucat pasi berbeda sekali dengan adik saya yang masih ceria dan berenergi.

“Teh!”

“ya”

“Itu pohonnya banyak yang ditebangin pasti karena ulah manusia ya”

“ya”

“Teh”

“ya”

“Kok batu nya warna merah? Kenapa ya?”

“ Buat bahan bikin batu bata” Jawab saya asal sembari menahan mual

“Oh” Jawab adik saya yang mudah dibodohi

“Teh”

“hmm”

“Ko suasana nya kaya di Lembang ya. Apa ini lembang?”

Ya kali sumatera nembus ke Lembang! Ngaco. Gumam saya dalem hati.

“hmm”

“Teh, jawab”

“Suasananya mirip doang”

“Teh”

“Hmmmmmmm”

“Kapan nyampe?”

“Teh?”

“Teh??”

“Teeeh!!!!!”

Pura-pura tidur. Aman.

Setelah beberapa jam mendaki gunung dan lewati lembah, ternyata kami salah jalan. ZONK ini mah. @,@

“ Oh kalau ke Bengkulu jangan lewat lawi pak, lewat lahat” ujar seorang warga yang kami temui di jalan.

“ Bisa sih lewat lawi sini, tapi muter pak. Kalau lewat lahat pasti lebih cepet nyampe. Oh kalau begitu jalan aja lurus dari sini, nanti ketemu tugu belok kanan.” Tambah seorang warga yang tiba-tiba datang memberitahu kami.

“Terimakasih pak” Ucap bapa saya yang sedang cas cis cus mengucapkan bahasa sumatera. Siko cie tigo balado ambo apa lah saya gak ngerti ahahah.

Kata ade saya, kalau udah ketemu tugu artinya bentar lagi nyampe. Di dalam benak saya cuma ada satu kata. Tugu… tugu… tugu…

Di perjalanan mencari batas tugu, kami bertemu banyak pelajar yang sedang berjalan kaki menuju sekolah nya. Lucu banget liatnya. Kaya segerombolan orang mau bedol desa. Haha. Ada yang lari-lari gak pake sepatu, ada yang duduk dulu di pinggiran kayaknya cape menempuh perjalanan jauh, dan ada juga yang berjalan santai sambil metik-metik in daun. Lagi-lagi pemandangan yang bikin damai.

Dan kedamaian itu lagi-lagi berubah seketika menjadi kenestapaan…

“Teh udah bangun?”

“udah” Kata saya

“Teh”

“hmm”

“Tadi ada anak SD yang mirip ama temen aku loh. Yunika.”

“hmm”

“Teh mereka sekolah dimana ya?”

Saya menggeleng

“Mereka tuh sekolah di SD Kenali 1. Tadi aku liat mereka masuk ke sekolah sana.”

-__________- *straight face*

“Nanya sendiri jawab sendiri. Aneh kamu mah”

“Teh”

Apalagiiii????!!!

Apa”

“Nanti kalau udah nyampe Bandung bantuin bikin PR ya”

“…..”

Sempet-sempetnya mikirin PR.

Sambil mendengarkan adik saya yang sedang berkicau non stop hits, saya melihat pemandangan di sekitar yang subhanallah bagusnya. Saya baru nyadar kalau Indonesia ternyata emang luas banget. Banyak daerah yang belum terjamah ama saya. Tiba-tiba ‘keliling indonesia’ saya noted ke dalam to-do-list di otak saya J

“Teh?”

“Teh!”

“Teeehhh”

Teriakan adik saya membuyarkan lamunan tentang asyiknya berkeliling Indonesia.

“Apaa??” Jawab saya emosi

“Itu tuguu!”

Saya yang daritadi membenamkan diri di kursi, sontak saja langsung mengarahkan pandangan ke luar mencari tugu perbatasan.

“TUGU MANA TUGU ??” Tanya saya semangat kegirangan.

“Satu monyet ketipuu” Kata adik saya tanpa rasa bersalah.

Kemudian hening….

GOLOKKK MANA GOLOOOKKK !!!!!!

Waktu sudah menunjukan pukul 6 maghrib. Kami belum juga sampai. Hujan mulai turun deras. Ditambah jalanan yang berliku dan sempit membuat ibu saya panik dan mulai berdzikir. Entah sudah berapa ratus kali kami bertanya “Kapan sampai?” dan sudah beratus kali juga ibu saya menjawab “Sebentar lagi”. Tapi saya tau persis kalau itu hanya jawaban hiburan belaka.

Adik saya yang kecapean karena terlalu banyak berkicau mulai terlihat tidur. Saya yang daritadi masih mencari tugu, mulai letih dan menyerah.

“Tugu udah kelewat pa?”

“Belum”

Tiba-tiba..

“Eh eh itu di depan tugu nya. Belok kanan sep. Kata bapa ke om saya yang sedang menyetir.”

Akhirnya kami sampai juga di depan tugu. Yes, pasti bentar lagi nyampe. Pikir saya.

“ Bentar lagi nyampe kan pa?”

“Masih jauh, ini baru perbatasan. Lima jam lagi nyampe nya.”

A-a-apa???? Tapi-kata-puji-katanya…

“…”

Sial. Harapan palsu. Sungguh sesat. Gumam saya yang sedang memandangi wajahnya yang sungguh polos dan menggemaskaaan!

Saya yang mulai mati gaya udah gak ngerti lagi harus ngapain. Hp mati. Baca buku tapi takut pusing. Dengerin radio, salurannya cuma 3. Itu juga saluran dangdut, saluran berita, dan saluran semut (alias kresek kresek). Suram.

Akhirnya saya mencoba untuk tidur. Melanjutkan mimpi saya yang sepertinya sudah episode ke 1000. Hoaaam.

5 jam kemudian…

Saya dibangunin. Sebentar lagi nyampe rumah nya andung. Di tengah perjalanan, bapak menunjukan rumah nya istri soekarno jaman dahulu sampai SD tempat bapa sekolah dulu. Kata bapa ini pusat kota nya. Lumayan banyak terlihat bangunan modern dan mobil mobil berseliweran. Terlihat sebuah bangunan bernama Mega Mall. Ada mall juga ternyata. Perjalanan kami sudah bukan lagi ethnic runaway seperti beberapa jam yang lalu.

Akhirnya kami bertemu dengan andung yang ternyata memang sudah tua renta. Umurnya hampir 90 tahun tapi masih terlihat segar walaupun katanya sedang sakit.

“Tuh liat andung masih cantik walaupun sudah tua. Beginilah kalau rajin beribadah” Kata bapa

Saya yang tersenyum melihat andung yang memang masih cantik langsung berpikiran untuk membuka salon kecantikan. Shampo nya shalat tahajud. Krim malam nya berwudhu. Krim siang nya berpuasa. Azek! :D

Pas saya nulis ini, hari sudah pagi. Hari ini gak ada rencana apapun selain istirahat. Paling ibu saya yang mau pergi ke pasar. Fyi, dari sini pantai cuma berjarak beberapa meter doang loh. Padahal ini di pusat kota nya. Pantesan terdengar suara desiran ombak dari sini. Wihhh anak pantai nih guee. B-)

Itu lah cerita hari pertama saya disini, nanti saya terusin lagi yah...

Hari kedua….

“ Wih segini doang panasnya? Ceteek.” Ucap saya sompral.

Sebelum berangkat Ibu saya wanti-wanti buat bawa baju yang tipis-tipis aja. Soalnya katanya udara disana puanaaaas banget. Dengan memperlihatkan ekspresi berlebih yang mengisyaratkan bahwa di Bengkulu tuh panas nya banget banget. Eh ternyata pas pagi-pagi gak sepanas yang dibilang tuh. B-)

Hingga akhirnya waktu menunjukkan pukul 12 siang. Ibu saya benar. T____T. Matahari nya seperti berada satu jengkal di atas saya. PANAAAS BANGEEEETTTTT. Nyebrot kalau kata orang sunda mah. Cucian yang tadi pagi baru dicuci, udah kering aja. Bikin telor gak usah pake kompor ini mah pasti!

Jadilah siang itu saya Cuma kipas-kipas di depan teras sambil melanjutkan bacaan karena males jalan-jalan keluar. Tiba-tiba ada seorang tetangga yang menyapa saya.

X: “Anak siapa ni?”

Saya: “Eh. Anak pak nizar pak.” Kata saya awkward.

X: “Lida?? Sudah besar ni ya. Dulu masih sekecil ini ni” Katanya sambil menunjukkan bahwa diri saya dulu hanya sebesar biji.

Saya: Dulu saya sekecil itu?? Saya manusia apa kutu sih? Kecil amat. Kata saya dalem hati

Saya: “He-he” kata saya tertawa awkward

X: “Air nya itu tolong na di bunuh dulu” Katanya sambil menunjuk keran di pinggir sana.

Saya: “????????????” Bagaimana cara membunuh air???? Di tusuk? Di kasih baygon? Kasih racun? Atau gimana nih?? #naon

X: “Itu keran nya mengucur na abis-abis”

Saya: OH DIMATIKAN? Ngobrool… Hahahaha #CultureShock

Saya: “Oh iya” Kata saya sambil menutup keran yang daritadi terus mengucur

Waktu sudah semakin sore, ternyata matahari nya udah mulai nyantai. Udah mulai sedikit manusiawi dan panasnya gak akan bikin kanker kulit. Ete (baca: Tante) Ani nyuruh kita buat pergi ke pantai. Jalan-jalan sore sambil liat sunset. Mantep kan???? :D

Gak mantep. :| Karena baru maen di pantai bentar, hujan turun dengan derasnya.

Krik krik

Pantai yang kami singgahi bernama pantai panjang. Kata Rahmi, sepupu saya yang masih kelas 6SD, dan sekaligus menjadi tour guide kami, pantai ini dinamakan pantai panjang karena pantai nya paling panjang se Indonesia. *Oooh.*

Pantai Panjang

Biasanya di setiap minggu disini pasti rame karena bakal ada perayaan tabot khas Bengkulu. Pas saya tanya tabot apaan, dia jawabnya pake bahasa planet (baca: bahasa Bengkulu). Saya angguk angguk aja pura-pura ngerti. #Toyor diri sendiri #KebodohanKami juga melewati benteng malboro. Kata rahmi, benteng ini kalau diliat dari atas kaya kura-kura. Bangunan nya megah banget. Bekas jajahan perancis katanya. Pinter…

Lalu kami melewati sebuah daerah yang banyak rumah panggungnya. Gak terlalu besar tapi berjajar rapi. Banyak motif-motif sumatera menghiasi tembok rumah tersebut. Rasanya pengen punya satu. Keren banget!

“ Ini pasti kampung china” Kata ibu saya yang dulu emang pernah kesini.

“ Bukan mak uwo (di sunda mah uwa), kalau di Bengkulu kampung chino ni namanyo”

Oko baikloh. Tornyoto semuo kato haros diakhiro huruf o. Ok Rahmi, oko.

“ Rahmi, kalau masuk benteng malboro bayar ga?” Tanya saya.

“ Nda perlu kaka. Gratis” jawab rahmi dengan logat nya yang khas.

“Wih elok nian orang Bengkulu ni. Banyak na gratis yo” Jawab saya yang sedikit mencoba bahasa Bengkulu asal ahahahahahahaha seru ah! :))

Eits, waktu sudah menunjukkan pukul 11:02 malam ternyata. Saya mau tidur dulu ya. Besok saya terusin lagi.. Goodnight cie duo tigo lamo lamo ambo biso gilo. Trololololo :)

Hari ketiga..

Namanya juga di kota orang, gak heran kalau kita jadi culture shock. Even itu kebiasaan, bahasa, hingga makanan nya. Saya baru nyadar kalau orang sumatera itu gak banyak basa basi. Beda dengan orang sunda yang cenderung “terlalu ramah”. Ngerti lah ya.

Sebenernya keluarga sumatera sama baik nya kaya keluarga sunda, cuman dengan cara yang berbeda. Seru sih, berada di dua kultur keluarga yang berbeda.

Duh, saya jadi pengen punya suami yang background kultur nya berbeda. Biar seru aja gitu kalau pulang kampung ahahah

Nah buat masalah aksen bicara dan intonasi, jangan heran kalau orang sumatera suaranya lantang-lantang dan kaya yang lagi marah. Padahal enggak loh, emang begitu mereka mah.

Keluarga Ibu saya (Orang sunda)

“Udah makan neng? Sok atuh geura makan. ” Intonasi menurun dengan suara minus 8 oktaf yang super lembut.

Keluarga Bapa saya (Orang sumatra)

“LIDA!? MAKAN LAH NAK. NANTI KAU SAKIT! ” Intonasi naik dengan suara 1000 oktaf kaya yang ngajak berantem.

Hihi bodor yaah.

***

Pagi ini kami muter muter kota Bengkulu buat nyari ATM Mandiri. Susah nyaa. Dasar kota yang masih berkembang, perkembangan perbankan nya juga gak terlalu bagus. ATM aja langka.

Eh ada tips bagus nih dari om saya kalau kita mau ngambil duit tapi ga ada ATM. Katanya kalau ATM kita mandiri, pergi aja ke alfamart atau indomart, belanja sampai 20rb, nanti kita bisa ambil debit disana. Problem solved.

Tapi ditengah perjalanan mau ke alfamart, kita nemu BRI. Untung ada ATM bersama. Jadilah tarik tunai disana aja. Perut udah kriuk kriuk, akhirnya saya cari bubur di deket sana. Harganya 3000. Rasanya? Hambar, terlalu banyak vetsin, aneh deh pokoknya. When you pay peanut, you get monkey. Memang ya, ada harga ada mutu cuy!

Sambil nungguin ibu saya yang belanja ikan, kami nongkrong di atas benteng namanya TAPAK PADERI. Benteng pinggir laut yang bangunannya udah gak keurus. Huruf T dan A di tulisan TAPAK PADERI nya udah copot. Jadi ada yang nambahin T dan A tersebut pake pilox. Kreatif. :)

TA-pak paderi

Wait,

WHAT??

Huruf apa yang ditambahin tadi??

T dan A???

T dan A kalau disatukan jadi…

TA.

TA

TA

Oke, sepertinya ini kode alam agar saya cepet pulang dan segera menyelesaikan TA.

T____________T

Siang ini adek saya dan beberapa sepupu ngerengek pengen maen lagi di pantai. Mereka pengen melanjutkan membuat istana pasir yang tak kunjung rampung. Tapi dasar bocah. Labil. Niat awal pengen bikin istana pasir eh malah maen sepeda-sepeda an di pantai.

Rahmi dan adik adik saya

Setelah menggosong maen di pantai, sorenya saya diajak napak tilas sambil silaturahmi mengunjungi berbagai saudara jauh. Udah kaya lebaran aja. Hehe. Di tengah perjalanan, kami melewati sebuah SD yang rameee banget lagi di rempuk orang. Karena penasaran, kami liat sebentar. Ternyata pertandingan bola antar SD. Seru banget. Banyak warga yang nonton. Kalau tim lawan nge golin, para supporter teriak kaya gini..

“Nda apo apo, nda apo apo” Hahah. Ahhhh kalian harus denger mereka ngomong ini secara live. Lucu!

Oh iya, anak pedalaman itu emang pinter pinter loh. Rahmi contohnya. Dia sepupu saya. Masih 6 SD tapi pemikirannya dewasa banget. Cita-cita nya mau jadi kepala BMKG atau Menteri pemberdayaan perempuan. Haha sementara waktu SD saya masih elap ingus, dia udah punya cita-cita tinggi. #Applause

Dia juga cerita ke saya tentang el nino yang sering menimpa daerahnya. Ngejelasin kenapa Bengkulu sering gempa. Ngejelasin tentang lempeng, gempa tektonik, dan sebagainya. Lagi-lagi rooming ama bahasa daerah nya, saya cuma angguk angguk geleng geleng.

Anaknya juga semangat banget kalau pergi ke sekolah. Kalau

ada PR langsung dikerjain. Gak akan mau diajak maen kalau PR nya belum selesai. Trus suka feeling guilty gitu kalau sholat nya ditunda-tunda. Aiih mantep.

“Kami sudah kelas 6 kaka, harus rajin na sekolah nyo. Jangan payah. Bikin ibu dan andung bangga.” - Rahmi :’)

Hari keempat Hari kelima Hari keenam...

Saya lagi males nulis. Skip aja ya. Intinya sekarang saya udah pulang dan ada di Bandung. Saya juga udah mulai KP.

Maaf atas ke antiklimaks – an cerita ini.

Salam,

#penulismalas

Mailida, Feb 2012

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengatur Belanja Seminggu

Selama saya menikah, pengeluaran yang gak kekontrol itu pengeluaran makan. Awalnya, sebelum bikin meal preparation setiap minggunya, yang saya lakukan adalah belanja ke pasar setiap hari pulang kantor ((( setiap hari )))).  Dan itu boros banget. Mana sisa makanan pada kebuang karena busuk. Belum lagi sayur yang gampang layu dan gak bisa diolah. Yah.....namanya juga learning by doing ya. Akhirnya saya nemu cara belanja yang jauh lebih efektif, efisien, dan ekonomis. Namanya meal preparation . Dilakukan seminggu sekali dan disimpan dengan baik ke dalam storage box. Sekarang jadwal wajib saya setiap minggu pagi adalah ke pasar tradisional atau pasar modern diantar abang. Beli sayur dan lauk untuk keperluan seminggu ke depan. Dan tau gak sih, ternyata kalau kita well planned, pengeluaran makanan bisa sangat efisien. Manfaat yang saya dapet itu,  Bahan makanan pas habis dalam seminggu hampir tanpa sisa yang kebuang Hemat waktu dan hemat energi Pengeluaran makan gak boros Lebih

Pesan Moral Manusia ½ salmon

Beberapa menit yang lalu saya baru aja selesai baca buku nya raditya dika yang baru yang judulnya manusia setengah salmon. Awalnya agak sinis ama isi buku ini. Saya pikir, “Ah paling buku humor guyonan biasa aja. Ala raditya dika aja lah gimana. Lumayan lah buat cekakak cekikik. Itung-itung hiburan.” Saya pun sempet nyesel sebelum membaca buku itu secara keseluruhan. Tau gitu beli buku lain yang lebih bermutu. Yang lebih berat. Yang kontennya ‘lebih pintar’. Pikir saya. Ibu saya pun sempet nanya pas saya mau bayar ke kasir. “ Jadinya beli buku itu? Ngasih manfaat gak?” Di dalem hati saya menjawab. Let me see. Setelah beberapa hari buku itu terbengkalai, akhirnya saya baca juga ampe selesai. Emang sih banyak banget cerita yang bikin saya cekakak cekikik ampe ketawa-ketawa sendiri. Ok, it’s so raditya dika. Saya gak kaget. Hingga akhirnya saya berada di chapter terakhir buku ini. Chapter yang bikin saya mengemukakan pertanyaan monolog di otak saya. Is that you, raditya dika

Bahagia & Dian Sastrowardoyo

Apa itu bahagia? Semua orang menginginkannya. Hari ini saya mendapatkan sebuah pelajaran lagi tentang apa itu bahagia. *** Sebuah wawancara, Hitam Putih – Dian Sastrowardoyo “ Aku itu ambisius banget. Aku itu banyak mau. Tapi ternyata aku baru sadar dunia ini lebih enteng kalau kita gak terlalu ambisius-ambisius amat. Karena I have everything that I want to ternyata.” Waktu hamil, karirnya sedang berada di puncak. Awalnya agak menyalahkan kehamilan ini, tapi setelah syaelendra lahir dia bahagia sekali. Jika dirunut kebelakang, Dian adalah seorang yang ambisius dari kecil. Menurutnya, definisi ambisius adalah focus dan determine banget untuk mencapai apa yang dia mau. Dari umur 10 tahun dia sudah ingin sekolah di luar negeri more than anything in the world. Di umur segitu dia melakukan riset bagaimana caranya mendapatkan uang banyak agar bisa membiayai sekolahnya di luar negeri. Ternyata menjadi artis adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang banyak karena ibunya