Skip to main content

The Naked Traveler

Hello!

Beberapa minggu yang lalu saya baru aja minjem buku Naked Traveler yang ke 3 dari si Diza. Buku itu ditulis oleh travel writer bernama Trinity. Karena buku nya seru dan banyak hal-hal menarik yang ditulis disana, saya jadi ngerasa rugi kalau info yang saya dapet dari buku itu terlupakan gitu aja (Secara getoooh saya si gadis pelupa akut 2012). Mangkanya hal-hal menarik yang saya dapet dari buku itu bakal saya tulis disini.

Buku ini menuliskan tentang kisah si trinity yang jalan-jalan ke dalam dan luar negeri. Dia nyeritain berbagai macam hal unik dan kondisi di setiap tempat yang dia singgahi. Kamu bisa tau gimana keadaan setiap negara cuma dari baca halaman ke halaman buku ini. Mau tau gimana joroknya China? Onsen di Jepang? Kisah Hari Sabat di Israel? Sumber mata air yang aneh di Selandia Baru? Kerennya wakatobi? Nih baca deh ya…

TUR HANTU DI BANDUNG

Pas saya baca buku ini, saya baru tau kalau ternyata di Bandung ada Tur Hantu. Coba deh buka website Urban-Dung Legend, mereka adalah ghost tour agent yang ngajak kita jalan-jalan mengelilingi legenda di setiap gedung yang katanya sih angker. Tour ini emang paling cocok buat orang-orang yang punya sixth sense. Tuh pantengin noh setan-setan berkeliaran!

Secara pribadi, saya gak tertarik buat ikutan ghost tour ini. Ngepain liat setan woooyyy? Buat manusia yang penakut seperti saya, tour ini bagaikan menyerahkan diri untuk dimakan hidup-hidup ke lautan piranha. Thanks banget ya, dibayar berapapun ogah gue!

Kalau dibayar semilyar da?

Hmmm. Oke deh bisa nego. #fail

LAUT MATI

Laut Mati adalah danau yang membujur di daerah antara Israel, Daerah Otoritas Palestina dan Yordania. –WIKIPEDIA

Di halaman berikutnya trinity mengunjungi laut mati. Laut mati memiliki kadar garam yang 8,6 kali lebih tinggi daripada air laut biasa. Jadi kalau kita nyoba berenang disana, kita pasti mengapung. Soalnya berat jenis air lebih tinggi daripada berat jenis manusia. Wah asyik ya buat tipe orang kaya saya yang gak bisa berenang. Ngambang aja kaya kentung di film tuyul dan mbak yul.

Laut mati kalau diliat dari jauh warnanya biru, tapi kalau dari deket warnanya abu-abu kehitaman. Ternyata laut mati itu seperti minyak. Air nya licin. Yucks. Gak jadi deh ngambang kaya kentung.

Tapi…. Buat you guys yang punya jerawat, rorombehen, serta kulit yang bersisik, cocok banget rendeman di laut mati. Karena dalam sekejap kulit kita bisa jadi halusss banget. Laut mati itu mengandung konsentrasi mineral tertinggi di dunia yang bagus buat bahan kosmetik. Pantesan merek kosmetik Ahava dari Israel mahal banget, lah wong bahan baku nya ngeruk dari laut mati.

ONSEN DI JEPANG

Banyak orang yang salah kaprah tentang pengertian onsen. Onsen itu bukan mandi ala jepang, sebenernya onsen itu adalah sumber mata air panas di Jepang yang dialirkan ke tempat memandian umum. Onsen dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Katanya, kalau mandi di onsen dilarang bertato, karena takut dikira yakuza. Mangkanya kalau ada yang punya tato coba di tutupin pake tensoplas. Kalau ditanya itu apaan, bilang aja luka sebadan-badan. #BadTips .

Onsen terbagi dua, untuk wanita kain pintunya warna merah. Kalau buat pria warna biru. Peraturan di onsen, semua orang yang berendem harus….. BUGIL! Pakai kolor atau bikini aja nggak boleh. Hahahah malu lah yah walaupun sesama jenis juga.

SIAPA BILANG JEPANG MAHAL BANGET?

Anyway, mahal atau gak relative sih ya. Tapi kalau kita tau tempat mana yang cukup terjangkau, kita bisa kok menekan budget.

Transportasi

Kalau rencana seharian banyak pake subway, kita di rekomendasikan buat beli tiket day pass. Kita tinggal bayar berapa ratus yen dengan unlimited penggunaan. Daripada kita bayar ongkos per rute, rugi juga kan.

Untuk perjalanan antar kota, prinsipnya the slower the cheaper, artinya semakin lama waktu perjalanan maka semakin murah. Contoh,naik shinkansen (kereta api super cepat) untuk rute Nagoya-tokyo selama 1,5 jam hargana 10.000 yen, tapi kalau ama bis malam bisa lebih murah.

Kalau jalan lama di jepang, mending beli Japan Rail Pass dimana kita membeli tiket berdasarkan jumlah hari perjalanan, tapi bisa naik kereta ke mana pun unlimited. Tapi pass tersebut Cuma berlaku buat warga non jepang dan harus di beli di luar Jepang.

Akomodasi

Nginep di jepang emang mahal, kalau mau murah ya di hostel jenis dorm. Harganya sekitar 2.500 yen per orang atau sekitar 250.000 rupiah.

Makanan dan Minuman

Kalau mau murah, beli aja nasi bento di 7eleven, Circle K, atau family mart. Jadi kita tinggal panasin nasi bento kotak tersebut ke dalem microwave. Harganya 100 yen atau sekitar 10.000 rupiah.

Nah kalau minuman, bawa aja botol minum kosong terus isi deh di keran terdekat. Airnya bisa diminum ko. Hahaha surga dunia buat saya kayaknya nih.

Shopping

Kalau mau belanja, coba ke Daiso (semua serba 100yen). Di PVJ juga ada, tapi harganya seba 22.000 rupiah. Kalau mau beli pakaian kasual, pergi aja ke toko uniqlo. Harganya murah dan happening abez. Buat barang-barang yang branded bisa ke Gotemba Premium Outlets.

Sightseeing

Nah kalau emang ke Jepang modal nekat dan bener-bener minim budget, yaudah lah jalan-jalan aja di kuil sekitar atau liat pemandangan bunga sakura sambil tiduran di rumput. Gratis. Haha

KOREA NEGERI PERMAK

Kata orang, cowo-cowo korea itu ganteng ganteng. Tapi pas trinity ke Korea, dia gak banyak nemuin cowo ganteng disana. Bisa dihitung ama jari. Tapi kalau cewe-cewenya emang bening dan cantik-cantik banget. Baju nya juga hits banget dah!

Di korea ada yang namanya Nu Plastic Surgery, rumah sakit khusus operasi plastic. Ternyataaaa satu kecamatan bisa nyampe 400 Rumah Sakit. Ya ampuuun parah banget sih orang Korea! Seneng banget permak diri! Kata d masiv juga, “syukuri apa yang ada hidup adalah anugrah”. Kalau kata cherrybell “don’t cry don’t be shy kamu cantik apa adanya, sadar syukuri dirimu sempurna”. See?

ISRAEL, KIPPAH, KOSHER, DAN SABAT

Di Israel, banyak pria Yahudi yang pake topi bundar kecil yang nempel di kepala. Namanya kippah. Topi ini dipercaya untuk menjaga kesucian karga surga ada di ‘atas’.

Makanan halal yahudi disebut kosher. Kosher adalah makanan yang berasal dari hewan memamah biak, berkuku belah, dan ikan yang bersisik. Yang aneh, susu ama daging gak boleh dimakan bersamaan. Kalau mau minum susu, paling nunggu 6 jam setelah makan daging. Ripuh.

Ada lagi yang ripuh dan ribet. Yaitu hari sabat. Hari dimana warga Israel gak boleh bekerja, mengangkat barang, memasak, mengoperasikan mesin, memencet tombol dan naik mobil, termasuk menyalakan dan mematikan api. Please deh, kebayang gak kalau ternyata ada kebakaran dan orang-orangnya gak pada matiin api. Dengan alasan… Demi sabat. Huaaa Negara yang aneh -___-

NEPAL YANG FOTOGENIK

Nepal itu Negara yang buruk banget. Sampah dan debu bertebaran dimana-mana, bandaranya kumuh, bangunannya tidak ada yang modern, mobilnya mini dan reyot, suara di jalanan bising, kondisi uang lecek, jalanan nya sempit dan terbelakang sekali.

Cuman anehnya, setiap foto yang diambil selalu lebih bagus daripada aslinya. Fotogenik ya…

JOROKNYA CHINA

Sumpah pas saya baca halaman ini, demi nya ini mah saya gak akan pernah mau ke China. Dibayar berapapun ogah!

Kalau dibayar semilyar da?

Hmmm. Oke deh bisa nego. #failpart2

Masa ya. (Ok persiapkan mental mu untuk membaca ke-jijik-an ini. Saya sarankan sediakan kresek di samping anda.) anak anak di China celananya gak ada jahitan di bagian selangkangan. Jadi, ya… bolong aja gitu pantatnya di umbar-umbar. Mereka juga gak pake diaper atau celana dalem. Tau gak kenapa? Supaya orang tua nya gak repot ganti celana kalau ngompol atau buang air besar. Kalau anak mereka mau pup, mereka tinggal naro anak mereka di sembarang tempat kaya di : halte, taman, sampai lantai mal. Kalau mau BAB kadang naro anak nya diatas tempat sampah. GOKIL!!!!

Gilanya lagi, gak ditutupin tissue atau apapun. Dibiarin aja gitu menjuntai.

Be right back, muntah.

Oke, sampai mana tadi? Oh iya terus toilet umum nya masa gak bersekat!!!! Gila, gila, gila, kalau saya kebelet BAB atau pipis di China, saya bisa dengan jelas ngeliat aktivitas orang di sebelah saya yang lagi pipis atau lagi BAB. What the.

Teruuuuuuus, mereka itu males banget nge banjur ‘jejak’ yang mereka tinggalin. Apa susahnya sih nge-flush heyyyy para china mania!? Dan yang terparah dari yang terparah adalah…..

Kalau misalnya di toilet masih ada tumpukan ‘isinya’, mereka juga cuek jongkok di atasnya dan menambah tumpukan, begitu seterusnya sampai orang ke sekian ratus.

PARAAAAAAAAAAAAAAHHHHHHHHHHHHHHHH!!!!!!! Huaaaaaaa Huaaaa Huaaaaa

NINJA JAPAN

Kalau di jepang, ninja itu semacam James Bond gitu. Ninja mengumpulkan intelijen, menganalisis kekuatan militer, tapi justru tidak melawan musuh secara langsung.

Karena pekerjaan mereka sebagai mata-mata, mereka tidak makan daging karena bau badan mereka bisa tercium. Dan mereka harus memiliki ingatan yang kuat tanpa harus menuliskannya di kertas. ._. hmm saya udah tereliminasi duluan kalau daftar jadi ninja.

Ninja bisa mendengar ngorok orang lewat pipa khusus dari tanah, bisa meramal angin dan cuaca, melihat kapan hujan turun dari pergerakan bulan, mengetahui kapan hujan berhenti dari bentuk sarang laba-laba. He? Bahkaan bisa tau waktu dengan hanya melihat bola mata kucing.

Keren ey si abang ninja!

HOT WATER BEACH SELANDIA BARU

Ada sumber mata air yang cukup aneh disini. Pas lowtide, ada sumber air panas yang airnya keluar dari pasir, tapiiii air laut yang berjarak beberapa meter di depannya tetep dingin. Jadi habis berenang di pantai, kita tinggal gali pasir di depannya dan membentuk lubang kecil lalu berendam deh. Mauuuuuu.

WAKATOBI

Saya pikir wakatobi itu nama satu pulau. Ternyata wakatobi itu singkatan dari nama Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Pas saya baca halaman ini, asli saya pengen ke wakatobi. Kebayang gak lu, dari 850 spesies karang yang ada di dunia, 750 spesies nya berasal dari wakatobi. Beuuh bangga.

Oke segitu dulu deh review nya. Bukunya belum selesai saya baca. Nanti kalau ada kejutan kejutan di halaman selanjutnya, saya bakal share lagi.

Nite :D

Mailida, Januari 2012

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengatur Belanja Seminggu

Selama saya menikah, pengeluaran yang gak kekontrol itu pengeluaran makan. Awalnya, sebelum bikin meal preparation setiap minggunya, yang saya lakukan adalah belanja ke pasar setiap hari pulang kantor ((( setiap hari )))).  Dan itu boros banget. Mana sisa makanan pada kebuang karena busuk. Belum lagi sayur yang gampang layu dan gak bisa diolah. Yah.....namanya juga learning by doing ya. Akhirnya saya nemu cara belanja yang jauh lebih efektif, efisien, dan ekonomis. Namanya meal preparation . Dilakukan seminggu sekali dan disimpan dengan baik ke dalam storage box. Sekarang jadwal wajib saya setiap minggu pagi adalah ke pasar tradisional atau pasar modern diantar abang. Beli sayur dan lauk untuk keperluan seminggu ke depan. Dan tau gak sih, ternyata kalau kita well planned, pengeluaran makanan bisa sangat efisien. Manfaat yang saya dapet itu,  Bahan makanan pas habis dalam seminggu hampir tanpa sisa yang kebuang Hemat waktu dan hemat energi Pengeluaran makan gak boros Lebih

Pesan Moral Manusia ½ salmon

Beberapa menit yang lalu saya baru aja selesai baca buku nya raditya dika yang baru yang judulnya manusia setengah salmon. Awalnya agak sinis ama isi buku ini. Saya pikir, “Ah paling buku humor guyonan biasa aja. Ala raditya dika aja lah gimana. Lumayan lah buat cekakak cekikik. Itung-itung hiburan.” Saya pun sempet nyesel sebelum membaca buku itu secara keseluruhan. Tau gitu beli buku lain yang lebih bermutu. Yang lebih berat. Yang kontennya ‘lebih pintar’. Pikir saya. Ibu saya pun sempet nanya pas saya mau bayar ke kasir. “ Jadinya beli buku itu? Ngasih manfaat gak?” Di dalem hati saya menjawab. Let me see. Setelah beberapa hari buku itu terbengkalai, akhirnya saya baca juga ampe selesai. Emang sih banyak banget cerita yang bikin saya cekakak cekikik ampe ketawa-ketawa sendiri. Ok, it’s so raditya dika. Saya gak kaget. Hingga akhirnya saya berada di chapter terakhir buku ini. Chapter yang bikin saya mengemukakan pertanyaan monolog di otak saya. Is that you, raditya dika

Bahagia & Dian Sastrowardoyo

Apa itu bahagia? Semua orang menginginkannya. Hari ini saya mendapatkan sebuah pelajaran lagi tentang apa itu bahagia. *** Sebuah wawancara, Hitam Putih – Dian Sastrowardoyo “ Aku itu ambisius banget. Aku itu banyak mau. Tapi ternyata aku baru sadar dunia ini lebih enteng kalau kita gak terlalu ambisius-ambisius amat. Karena I have everything that I want to ternyata.” Waktu hamil, karirnya sedang berada di puncak. Awalnya agak menyalahkan kehamilan ini, tapi setelah syaelendra lahir dia bahagia sekali. Jika dirunut kebelakang, Dian adalah seorang yang ambisius dari kecil. Menurutnya, definisi ambisius adalah focus dan determine banget untuk mencapai apa yang dia mau. Dari umur 10 tahun dia sudah ingin sekolah di luar negeri more than anything in the world. Di umur segitu dia melakukan riset bagaimana caranya mendapatkan uang banyak agar bisa membiayai sekolahnya di luar negeri. Ternyata menjadi artis adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang banyak karena ibunya